Saturday, April 6, 2013

Bangsamu-Teknologimu-Kemaritimanmu

IT Contest - ITS Expo


Hallo semuanya!!! Kembali lagi dengan kehadiran seorang sahabat dalam dunia IT ini. Salam Sahabat -IT21
Kali ini, saya sendiri berkesempatan mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh salah satu Universitas ternama di Negara Indonesia ini. Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang lebih dikenal dengan sebutan ITS. Lomba ini memiliki tema “Mahakarya Teknologi Bangsa Demi Kemajuan Masa Depan Indonesia” yang mengarah pada tema “Harmonisasi Seni dan Teknologi dalam Membangun Kemaritiman Dasar”. Acara lomba merupakan rangkaian kegiatan warga ITS untuk menghargai kegiatan para pecinta IT di Indonesia yang disebut ITS Expo.

Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan kegiatan “Kemaritiman”.
Apa itu Kemaritiman?

Kemaritiman merupakan suatu kegiatan yang berlangsung pada daerah perairan, sebagai contoh kegiatan ialah proses perdagangan, pencurian hewan laut, navigasi, wisata, pelabuhan nasional-internasional, dan masih banyak lagi kegiatan di laut lainnya yang dapat mengartikan kegiatan tersebut.
Nah, kita sudah mulai memahami dengan konsep awal tema yang diberikan. Untuk selanjutnya, mari kita perdalam tema ini.
Kemaritiman merupakan suatu kegiatan yang berlangsung pada daerah perairan suatu Negara. Dengan hal tersebut.

Bagaimana dengan Kemaritiman yang terjadi di dalam Negara kita ini?

Negara Indonesia. Negara yang didominasi dengan daerah perairan yang mengelilingi ribuan pulau yang tersebar pada Negara ini. Perairan Indonesia merupakan salah satu perairan di dunia yang memiliki biota laut terlengkap, karena terletak pada garis segitiga terumbu karang terbaik di dunia.
Di Indonesia sendiri tentu saja memiliki system Kemaritiman yang mengatur segala kegiatan yang terjadi pada daerah maritim di Negara ini. Saat ini keberadaan maritime di Indonesia memiliki beberapa masalah yang masih belum tahu kapan akan mendapat titik terangnya. Sebagi contohnya yaitu, masalah perbatasan daerah perairan dengan Negara lainnya. Masalah ini terdengar sebagai masalah yang klasik, namun hingga saat ini masalah semacam ini terus bergulir dan apabila tidak disikapi secara serius. Masalah perbatasan seperti ini dapat menjadi suatu masalah yang besar dan dapat merugikan bangsa kita ini.


Teknologi? Mungkinkah sebagai solusinya?

Di era modern semacam ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kehadiran suatu teknologi dapat mengatasi permasalahan yang ada, termasuk masalah pada kemaritiman Negara ini. Saat ini, kita harus memulai untuk membuat inovasi terbaru dalam memajukan kemaritiman Negara ini dengan teknologi yang ada. Kita tidak perlu meminta lembaga khusus untuk segara menyelesaikan masalah semacam ini, Diri kita sendiri harus dapat berfikir, bagaimana caranya untuk membantu lembaga-lembaga yang berwenang yang sedang berkutat pada maslah yang ada.

Suatu teknologi merupakan karya seni kita
Penciptaan teknologi dapat dikatakan sebagai sebuah karya seni. Karena sebuah karya yang tercipta dari tangan seorang manusia merupakan karya seni dari masing-masing diri yang tercipta dari hasil pemikiran otak yang terdiri atas 2 sisi, otak kanan dan kiri. Yang pasalnya memiliki sebuah ide seni dari hasil kedua sisi otak tersebut.
Sebuah karya seni tidak selamanya sebuah karya audio maupun visual. Hasil pola pemikiran dari pribadi masing-masingpun dapat dikatakan sebagai karya seni.
Teknologi dan seni merupakan suatu hal yang erat dan harmonis. Untuk pembangunan kemaritiman suatu negara, sebuah teknologi yang tercipta haruslah memiliki dasar-dasar yang sangat penting, inovativ, dan benar-benar dibutuhkan dalam dunia kemaritiman yang sedang mengalami suatu pembangunan.

Harmonisasi Teknologi Dan Seni ini manfaatkan sebaik mungkin !

Dunia kemaritiman selalu mengalami peristiwa yang tidak terduga. Hal tersebut dapat berupa hal yang berdampak positive maupun negative. Maka, di era modern ini kita sebagai warga Negara haruslah memanfaatkannya sebaik mungkin untuk membangun dunia kemaritiman Negara ini. Inovasi dan kreativitas harus kita tingkatkan untuk membangun kemaritiman yang saat ini dalam kondisi yang cukup baik. Kondisi cukup baik ini harus lebih kita kembangkan, kita tingkatkan, untuk mencapai suatu kondisi yang diinginkan. Suatu teknologi dan seni yang ada saat ini benar-benar dibutuhkan untuk menerobos dunia kemaritiman menuju pembangunan yang benar-benar berjalan dan berimbas baik untuk Negaranya.
Saatnya kaum muda-mudi memanfaatkan waktunya memulai untuk mengharmoniskan teknologi yang sedang berkembang dengan jiwa seni yang dimilikinya untuk membangun system kemaritiman di Indonesia yang masih terdengar beberapa masalah di telinga kita.
Harmonisasi Teknologi dan Seni ini merupakan terobosan terbaru untuk pembangunan Negara dalam bidang Kemaritiman di Indonesia. Hubungan teknologi dan sebuah seni merupakan hubungan saling mengikat yang telah banyak menciptakan dampat poositiv dalam sebuah kehidupan saat ini dan hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan Negara Indonesia untuk memanfaatkannya dalam Kemaritiman Indonesia.

Bangsamu-Teknologimu-Kemaritimanmu



2 comments:

Unknown said...

ilustrasi serta artikelnya menarik, seperti mampu mengajak pengunjung utk turut melestarikan laut, lanjutkan :))

Unknown said...

Desain ilustrasi template, gambar serta artikelnya menarik, mari lestarikan laut Indonesia